, , ,

Artikel "Pemimpin Milenial"


PEMIMPINKU ERA MILENIAL ABAD 21
oleh: Mya Veronica
Saat ini sedang gencar-gencarnya semua penjuru komunitas apapun membahas tentang abad 21. Abad 21 atau juga dikenal era milenial ke-3 dalam kalender Gregorian, ialah era
di
mana pengetahuan mudah dapat diakses dengan mudah juga apapun sumber informasi terbuka secara besar besar an. Teknologi semakin canggih, membuat semua berada pada titik yang sama untuk membagi atau membuat informasi yang benar ataupun tidak.
Pada abad ini seorang pemimpin diuji kelayakannya sebagai pemimpin sejati yang enggan menyerah dalam segala tantangan yang ada pada masa kini, dan tetap berusaha untuk kepentingan suatu komunitas atau organisasinya dari pada dirinya sendiri. Pemimpin abad 21 harus bisa meletakkan dirinya di situasi apapun karena itu pemimpin abad 21 harus menjadi manajer yang baik bagi dirinya sendiri maupun para anggotanya. Menurut artikel dari Borobudur Training dan Consulting yang berjudul Mengenal Model Kepemimpinan Abad 21, visi seorang pemimpin merupakan kompas atau arah yang akan menggerakkan langkah suatu organisasi.[1] Dari sinilah visi misi dari seorang pemimpin sangat penting bagi kinerja pemimpin itu sendiri. Baik buruk kepemimpinan seorang pemimpin ahirnya juga dapat dilihat dari visi misi seorang pemimpin. Selain dari pada itu pemimpin abad 21 haruslah mempunyai jiwa-jiwa kepemimpinan yang entreprener, corporative, developer, integrator.
Jiwa entreprener, seorang pemimpin yang mempunyai jiwa enterprener haruslah kompeten, individualistis, egosentris, dominan, percaya diri, inovatif, punya kemampuan keras, memiliki dorongan untuk mencapai sesuatu yang luar biasa.[2]Ketika seseorang dapat mengaplikasikan kemampuan- kemampuan yang ada pada pemimpin yang enterprener ini, pemimpin mudah untuk memanajemen suatu organisasinya. Ia dapat mandiri dan tidak tergantung pada orang lain untuk memecahkan masalah yang ada.
Jiwa corporative, seorang pemimpin yang mempunyai jiwa korporatif ia mengandalkan tim nya untuk memoprganisir suatu organisasinya, Pemimpin ini sebenarnya dominan pada setiap segala pekerjaan yang ada namun ia tidak suka dijadikan dominasi dalam setiap pekerjaan tersebut. Pemimpin ini menyukai kerja sama bersama para anggotanya. Kerja sama bersama angotanya dapat membuat seorang pemimpin lebih bisa komunikatif dengan anggotannya.
Jiwa developer, seorang pemimpin yang mempunyai jiwa developer bersifat sebagai pembangun. seorang pemimpin  ysng menganggap orang lain sebagai kekuatan utama.[3]Seorang pemimpin yang developer menginginkan dapat membangun potensi pada setiap anggotanya. Sehingga pemimpin developer selalu membantu anggotanya mengaktualisasikan potensi pada anggotanya. Pemimpin ini juga dapat menciptakan hubungan kerja yang bagus. Pemimpin ini dapat menciptakan kondisi dimana ia dapat diterima dilingkungan sekutarnya.
Jiwa integrator, seorang pemimpin yang mempunyai jiwa integrator memiliki kemampuan dalam melakukan hubungan dan bantuan, serta sangat partisipatif, ia juga seorang pelopor pembetukan tim yang kokoh, motivator, terampil dalam menyatukan variasi. Pemimpin ini hampir sama dengan pemimpin yang corporatif namun jika  di pemimpin corporative ia hanya sebagai konsultatif atau penasehat saja, pemimpin integrator lebih bersifat partisipatif ia juga ikut serta dalam menjalankan dan mengkoordir di setiap tindakan yang dilakukan bersama anggtannya.
Ketika pemimpin dapat mengaplikasikan dan mempadu padankan jiwa jiwa kepemimpinan tersebut sesuai kondisi, pemimpin tersebut mampu menjadi pemimpin abad 21 yang dapat fleksibel dan dapat menncari solusi di setiap masalah dan tantangan yang ada pada masa kini. Pemimpin ini dapat menjadi pemimpin super yang dapat dengan mudah mengkordinir roda kepemimpinannya.


[1] Team content. Mengenal Model Kepemimpinan Abad 21.Borobudur Training and Consulting.
[2] Bukhori,Suardi.Kepemimpinan Abad 21. The Academia Edu Team. Pdf
[3] ibid.

0 Comments:

Posting Komentar

Salam cinta, mari berdiskusi di kolom komentar!