,

Tips Menulis untuk Penulis Pemula



Cara Membuat Cerita yang Menarik

Penulis pemula selalu bingung cara membuat cerita yang menarik seperti apa. Banyak di antara mereka yang ingin langsung men dulang kepopuleran dalam menulis. Padahal, ya. Tak semudah itu untuk menulis dengan mencari ribuan pembaca. Jadi, bagaimana sih cara membuat cerita menarik itu agar pembaca menaruh minat pada kita?
Chek it out!

1.       1. Cari ide 

Sebelum membuat cerita pasti kita harus mendapatkan ide apa yang akan dimasukkan ke dalam cerita yang akan di up. Benar, bukan? Yaps.
Carilah ide yang segar. Jangan sampai membuat ide cerita yang biasa-biasa aja. Semisal:  cerita tentang Badboy jatuh cinta dengan nerd girl. Si cowok ganteng, tajir, nakal, tapi pintar. Ini klasik banget, Guys. Cari cerita yang lebih mendalam. Bukan hanya sekadar tentang cinta monyet. Coba dirubah tentang badboy yang menjadi tutor di kelas khusus misalnya, di balik sikap jahadnya ada hal menarik dalam dirinya.

2.     2. Buatlah OUTLINE

Apa sih outline itu?
Kerangka cerita. Agar ceritamu tetap pada jalur ide yang kau pilih dari awal, sebaiknya membuat outline. Apa sih isi outline itu?

·                     Bab Cerita
o        Berisi masalah inti cerita. Cerita perbab dari prolog hingga epilog.
·                     Sub bab jika ada atau diperlukan.

3.     3. Cari pasaran

Cari pasaran di sini adalah cari pembaca. Bagaimana cara mencarinya?
Cara mencarinya cukup susah gampang. Kenapa? Seorang author atau penulis harus bisa akrab dengan pembaca. Tanamkan kepada diri kita bahwa kita seorang penulis. Branding diri agar kita tidak disepelekan. Berbaik hati, utamakan adab. Jangan kita membuat image kita ini rusak akibat tingkah laku yang tidak baik. Tapi tetap saja menjadi diri sendiri.

    3.Buat khas

Boleh membaca novel penulis favorite-mu, tapi jangan sampai kamu meniru gaya penulisannya. Cari khas-nya dirimu. Buatlah cerita yang sesuai dengan karaktermu. Hingga pembaca sekali baca saja sudah paham ini cerita khasmu.

5.   4.  Istiqomah menulis

Ini adalah hal penting saat menulis. Point utamanya yang membuat skill menulismu terasah adalah dengan istiqomah menulis. Pembacamu sedikit di awal tak masalah yang terpenting kamu tetap semangat menulis. Jangan putus asa. Asah ide setiap hari. Penulis hebat adalah penulis yang bermental baja. Bukan penulis mudah menyerah apalagi semaunya. Tak beradab. BIG NO!


Sekian dari saya tips menulis agar menarik. Semangat untuk menulis. Sebab dengan menulis kamu bisa membuat sejarah untuk dirimu sendiri. Orang mudah lupa dengan semua prestasi kita tapi, tak akan pernah lupa dengan apa yang kita tulis. Bahkan, menurut Imam Al Gozali “Jika kamu bukan raja, maka menulislah.” Pun, ada seorang ulama’ yang berkata menulis adalah cara mengikat ilmu.

Sampai jumpa!
Salam literasi!

0 Comments:

Posting Komentar

Salam cinta, mari berdiskusi di kolom komentar!