,

Mood Rusak Seorang Penulis, inilah Solusinya ala Mya Veronica

Mood Rusak Seorang Penulis, inilah Solusinya ala Mya Veronica


Mood rusak sudah biasa dialami oleh seorang penulis. Penulis yang sedang mengalami mood rusak bisa juga mengalami "Writing's Block". Sebab apa? Ide yang akan ditulis penulis seketika buyar karena keinginan menulis hilang. Bisa dipastikan tak akan ada aktivitas menulis. Nah! Karena mood rusak hal paling rentan saat menulis, butuh cara mengembalikan mood atau rasa saat menulis.

Apa yang harus dilakukan?
Bukannya mood rusak sudah tidak bisa diperbaiki?

Eits! Kata siapa? No! Semua ada solusinya. 

Jeng jeng jeng ... saya akan kasih tau caranya. Mau tau? Check it out! 

1. Kenali Alasan atau Sebab Mood Rusak.

Untuk memperbaiki mood yang rusak, kita harus mengenali alasan apa yang bisa membuat mood itu pecah. Alasan itulah yang akhirnya kita analisis dan perbaiki. Misalnya mood rusak karena kepikiran masalah pribadi, berarti kamu harus pecahkan masalah pribadimu dan kendalikan dirimu. Kamu akan merasakan bebanmu berkurang.

2. Perbanyak bacaan yang menarik agar bisa mendapat inspirasi ulang.

Kenapa bacaan malah bisa memperbaiki mood rusak? Karena bacaan menarik menyehatkan pikiranmu apalagi itu bacaan positif. Meski kadang, ada yang malah pusing saat membaca ketika mood berantakan seperti itu. Bacaan pula sebenarnya dapat memberikan wawasan lebih untuk kita. Bisa juga hal-hal penting itu kamu catat agar sewaktu-waktu bisa dibahas ulang.

3. Istirahatkan diri

Jika kamu mengalami mood rusak, lebih baik istirahatkan diri. Istirahat pula dapat merileksasikan pikiran kita. Jika pikiran tenang, menulis akan gampang.

4. Coba alihkan dengan menonton film

Bagi yang mengalami mood rusak, menonton film adalah cara bagus untuk menetralisir mood agar kembali ceria. Film-film ringan dan menarik bisa menambah mood kamu.

5. Dekatkan diri pada Tuhan.

Solusi penting dari mood rusak adalah mendekatkan diri kita pada Sang Pencipta. Awal kita ada atas kehendaknya, bukan? Jadi mendekatkan diri pada Tuhan bisa mendamaikan dirimu.

6. Membaurlah dengan alam.

Nah, ini juga bagus untuk menyegarkan segala hal dalam diri kita. Energi positif dari alam bisa menarik energi negatif yang dibawa oleh mood rusak itu. Jadikan alam sebagai tempat untuk membaur diri. 

Jika hal-hal di atas adalah cara saat mood rusak datang. Maka ada juga solusi sebelum mood rusak yang akan mempengaruhi tulisanmu. Apakah itu?

1. Buat outline sebelum menulis.
2. Perbanyak bacaan.
3. Tuliskan banyak ide dalam jurnalmu.
4. Menulislah dalam keheningan.

Sekian tips menghadapi mood rusak baik setelah atau sebelum terjadi ala Mya Veronica. Semoga tulisan ini dapat membantumu menyajikan tulisan spektakuler. Waw! By the way aku sangat menunggu tulisan luar biasa kalian.

Ingat!

Cogito ergo sum
Aku berpikir maka aku ada.
Gunakan pikiran hebatmu untuk tulisan hebat yang bermanfaat.


Salam hangat

Mya Veronica

1 komentar:

  1. Tips yang sangat bermanfaat kak, kalau saya sii lebih suka menenangkan diri sambil semedi untuk menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak perlu. Kalau sudah enakan langsung lanjut menulis lagi sebelum moodnya menulisnya hilang.

    BalasHapus

Salam cinta, mari berdiskusi di kolom komentar!